BEAUTY

Ini Dia Manfaat Serta Cara Merawat Kulit Anak Sejak Dini!

Friday, 27/05/2022 18:06 WIB by Niken Pangesti , Facetofeet
Ini Dia Manfaat Serta Cara Merawat Kulit Anak Sejak Dini!
freepik.com

Penggunaan produk perawatan kulit atau skincare kini sudah menjadi suatu kebutuhan bagi masyarakat di Indonesia pada umumnya. Tidak terbatas pada pemakaian untuk remaja dan dewasa, produk perawatan kulit juga penting digunakan oleh anak terutama saat sudah mulai melakukan kegiatan aktif, seperti saat memasuki usia sekolah. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga kulit anak tetap sehat agar dapat beraktifitas dengan nyaman dalam kesehariannya.

Kulit anak sangat penting untuk selalu dirawat dengan baik karena kulit merupakan salah satu bagian pertahanan tubuh terluar dan paling depan dalam menjaga kesehatan tubuh. Kulit anak termasuk lebih rentan dan sensitif dibandingkan oleh kulit orang dewasa, hal tersebut dikarenakan kulit lapisan luar pada anak masih tipis, halus dan lebih mudah rapuh. Hal tersebut dapat membuat bakteri, allergen, dan iritan dapat lebih mudah masuk yang dapat menyebabkan ruam, infkesi, dan permasalahan kulit lainnya.

Sehingga, membutuhkan perawatan ekstra untuk menjaganya agar tetap sehat. Perawatan kulit sejak dini perlu menjadi perhatian karena tidak hanya dapat menjaga kesehatan kulit namun juga bisa berdampak terhadap kesehatan fisik anak secara keseluruhan. Dengan melakukan perawatan yang baik dan benar, hal tersebut dapat melindungi kesehatan kulit serta meningkatkan daya tahan tubuh anak yang nantinya akan berdampak juga dengan tumbuh kembang anak.

“Kunci dari perawatan kulit sehat bagi anak yaitu kulit terjaga dan terhidrasi dengan baik yaitu dengan tiga langkah penting berupa membersihkan, melembabkan dan proteksi.” Ujar Na Sung Min, Strategic Marketing Leader PT Cosmax Indonesia. Berikut merupakan bagian penting dalam melakukan perawatan kulit untuk anak, yaitu:

1. Membersihkan kulit dengan pembersih kulit yang lembut

Perawatan kulit untuk anak yang pertama adalah dengan menggunakan sabun pembersih kulit dan wajah yang memiliki kandungan yang lembut. Kulit anak-anak tidak dapat menangani banyak bahan kimia yang keras karena kulit mereka lebih tipis dan dapat menyerap lebih banyak kandungan dalam produk perawatan kulit dibandingkan pada orang dewasa pada umumnya. Untuk mencuci wajah dengan benar, gunakan sabun pembersih yang ringan dan lembut untuk menghindari kulit menjadi kering atau menyebabkan iritasi.

2. Menghidrasi kulit dengan pelembab yang ringan

Saat kulit sudah dibersihkan dengan lembut, bagian penting berikutnya adalah menghidrasi kulit dengan pelembab yang ringan sekitar lima menit setelah kulit dibersihkan, hal tersebut merupakan waktu yang paling optimal untuk mengunci kelembapan alami kulit dengan memberikan krim / losion yang ringan seperti berbahan gel atau water cream. Dikarenakan Indonesia beriklim tropis, sehingga berpotensi membuat kulit menjadi kering dan sensitif. Oleh karena itu, penggunaan pelembab yang tepat dilakukan secara rutin sangat penting untuk menjaga kulit anak tetap sehat dan terhidrasi dengan baik. Seperti produk produksi Cosmax Indonesia yaitu Momami Sunny Buddy Soothing Gel.

3. Menjaga kulit dengan tabir surya

Setelah kulit terhidrasi dengan baik, perawatan kulit terpenting berikutnya yaitu memproteksi kulit dengan menggunakan tabir surya yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, dikarenakan lapisan kulit pada anak tergolong rentan dan cukup sensitif, sehingga penting untuk memproteksinya dengan tabir surya yang memiliki SPF 30 atau lebih tinggi untuk melindungi dari sinar UVA dan UVB. Penggunaan tabir surya disarankan diaplikasikan 15 hingga 30 menit sebelum pergi dan diaplikasikan kembali setiap dua jam dan setelah anak melakukan kegiatan yang cukup aktif seperti setelah berenang atau berkeringat. Salah satu produk tabir surya, produksi Cosmax Indonesia yang dapat memproteksi kulit anak secara lebih praktis yaitu Momami Itsy Bitsy Sunstick dan Luchuu Sun Cushion SPF 50 PA++. 

 

Baca juga:

Super Cute, Anak Usia 5 Tahun Ini Pintar Banget Bermakeup Unicorn!

Dalam Rangka Hari Anak, Yuk Intip 7 Artis Cilik Korea yang Mencuri Hati Kita di Tahun Ini

Ternyata Produk Bayi Ini Dapat Digunakan untuk Merawat Kecantikanmu Loh

Mengenal Manfaat Susu Kambing Australia yang Jadi Solusi Kulit Kering dan Kusam

Review : Ingin Kulit Tubuh Lebih Lembap Terawat? Yuk Rajin Self Pampering dengan Sukin Bodycare!

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER