BEAUTY

#PakaiSampaiHabis, Aksi Nyata Mendukung Sustainable Beauty

Sunday, 05/06/2022 18:06 WIB by Niken Pangesti , Facetofeet
#PakaiSampaiHabis, Aksi Nyata Mendukung Sustainable Beauty
galmeetsglam.com

Belakangan ini, industri kecantikan sangat berkembang pesat di Indonesia. Terlebih lagi, semenjak mewabahnya COVID-19 pada tahun 2020 lalu. Hal ini senada dengan pernyataan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, bahwa di tahun 2019 lalu ada 797 industri kosmetik besar dan industri kecil dan menengah (IKM) di Indonesia. Lalu pada tahun 2020 meningkat jadi 797, dan terus bertambah sampai saat ini.

Meski membawa banyak dampak positif, tapi ada juga masalah yang ditimbulkan dari fenomena ini, yakni semakin menumpuknya sampah dari industri kecantikan serta konsumsi berlebihan dari para konsumen. Contoh dari konsumsi berlebihan adalah ketika seseorang mudah gonta-ganti produk hanya karena tergiur tren atau diskon. Akhirnya produk yang sebelumnya sudah digunakan, jadi tak terpakai lagi lalu sia-sia. Dari fenomena ini muncul juga istilah fast beauty, yaitu pola hidup konsumtif dengan aneka produk kecantikan. Dampaknya adalah penumpukan sampah dan limbah yang semakin meningkat.

Kampanye #PakaiSampaiHabis

Melihat hal ini, Lyfe With Less pun membuat kampanye #PakaiSampaiHabis. Tujuannya sendiri adalah mengajak masyarakat Indonesia untuk bertangggung jawab dengan produk kecantikan yang Ia pakai, dengan membatasi serta membantu mengelola empties dari produk kecantikan.

Tahun 2021 #PakaiSampaiHabis berhasil mengumpulkan 10.954 empties dari 1277 empties hero. Tahun 2022 ini, Lyfe With Less kembali menyelenggarakan kampanye #PakaiSampaiHabis dengan menggandeng Zero Waste Indonesia sebagai edukator dan wadah untuk pendaur ulang di Indonesia. Tak hanya itu, Lyfe With Less juga bekerja sama dengan 15 brand produk kecantikan, 47 pelaku daur ulang di Indonesia, dan 2 partner logistik.

Kampanye #PakaiSampaiHabis mengajak masyarakat Indonesia mengumpulkan empties lalu mengirimkannya untuk didaur ulang. Rangkaian kegiatan kampanye #PakaiSampaiHabis juga meliputi Empties Hero Talks, yaitu rangkaian talkshow seputar sustainable beauty. Empties Hero Talk akan diselenggarakan secara online selama kampanye #PakaiSampaiHabis berlangsung.

Founder Lyfe With Less, Cynthia S Lestari menyatakan “Sustainable beauty tidak bisa dicapai oleh satu pihak. Konsumen, brand, pelaku daur ulang, komunitas bahkan pemerintah harus bekerjasama untuk mencapai sustainable beauty baik secara produk maupun attitude. #PakaiSampaiHabis adalah langkah kecil & nyata untuk semua pihak bisa mewujudkannya”.

Lyfe With Less dan Zero Waste Indonesia mengungkapkan apresiasi kepada 15 brand partners yang telah mendukung #PakaiSampaiHabis; Wardah, Sensatia Botanicals, Oriflame, Garnier, Aquila Herb, NIVEA, OASEA, MOP Beauty, REI Skin, HALE, Shiseido Professional, Organic Supply Co, Y.O.U Beauty, KAO, dan Yagi Natural.

Apresiasi juga diberikan kepada pelaku daur ulang yang berpartisipasi; Bank Sampah Bersinar, Waste4Change, eRecycle, Kertabumi Recycling Center, Bank Sampah Teratai, Bank Sampah Kota Hijau, Bank Sampah Sekar Tanjung, Griya Luhu, Eco Bali, Bank Sampah Pedas Lombok, Bank Sampah Sumber Mutiara, Bank Sampah Induk Surabaya, Bank Sampah Insan Oke, Daur.id, Teman Pilah, Reparasih, BanHil Recycler, Recycling Business Unit & Bank Sampah Jawara. Tidak lupa, apresiasi kepada AnterAja dan eRecycle yang turut memberikan diskon ongkos kirim empties dan layanan jemput gratis empties.

Kampanye #PakaiSampaiHabis berjalan sejak 1 Juni hingga 31 Agustus 2022 dan informasi lengkapnya bisa diakses melalui https://lyfewithless.com/pakaisampaihabis/. Yuk ikutan kampanye ini dan mulai terapkan konsep sustainable beauty!

 

Baca juga:

Sociolla & Sukin Berkolaborasi Luncurkan Recycle Station Skala Nasional untuk Promosikan Sustainable Beauty

4 Langkah Mudah yang Bisa Dilakukan Untuk Mulai Menerapkan Prinsip Sustainable Beauty

Mengenal Tren Kecantikan “Blue Beauty” dan Konsep “Conscious Beauty” yang Ramah Bagi Lingkungan

PT Cosmax Indonesia Menjadi Market Leader Conscious Beauty di Indonesia

5 Rekomendasi Reusable Cotton Pad Terbaik yang Efektif Bersihkan Kulit & Ramah Lingkungan

2021 Saatnya Beralih ke Tren Skincare Ramah Lingkungan. Yuk Intip 5 Cara Memulai Serta Rekomendasi Produknya

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER