BEAUTY

Lebih Aesthetic dan Ramah Lingkungan! Intip Bagaimana Penerapan Conscious Beauty Pada Kemasan Produk Kecantikan

Monday, 26/09/2022 17:05 WIB by Niken Pangesti , Facetofeet
Lebih Aesthetic dan Ramah Lingkungan! Intip Bagaimana Penerapan Conscious Beauty Pada Kemasan Produk Kecantikan
settingmind.com

Saat ini industri kecantikan di Indonesia sedang mengalami perkembangan pesat dan berada pada masa jayanya. Meningkatnya industri kecantikan secara kesuluruhan diiringi dengan meningkatnya penggunaan produk yang hadir dipasar. Dengan variasi produk yang beragam mulai dari produk lokal hingga produk internasional. Perusahaan-perusahaan kecantikan, baik berskala kecil maupun besar mulai berinovasi dalam menciptakan produk dengan kelebihannya masing-masing. Namun, dengan meningkatnya inovasi dan variasi produk yang beragam, secara tidak sadar hal tersebut dapat berdampak kepada lingkungan sekitar seperti limbah produksi, sampah kemasan, dan lainnya.

Kini banyak masyarakat di Indonesia sudah mulai sadar akan produk ramah lingkungan, dimana terlihat meningkatnya permintaan akan produk berkonsep cruelty-free hingga eco-friendly. Untuk mendukung gaya hidup yang berkelanjutan, COSMAX Indonesia sebagai perusahaan manufaktur kosmetik Korea di Indonesia, menghadirkan konsep Conscious Beauty pada bagian proses bisnis perusahaan. Conscious Beauty merupakan gerakan pendekatan bijakasana terhadap produk kecantikan yang digunakan sehari-hari, sadar akan seluruh aspek yang terkait berupa manusia, hewan, kesehatan bumi, dan tanggung jawab akan lingkungan secara keseluruhan. Dengan menghasilkan produk berkelanjutan, ramah lingkungan, aman, dan fokus terhadap seluruh aspek etika.

Salah satu bagian aspek penting dari penerapan Conscious Beauty yaitu penggunaan kemasan ramah lingkungan. COSMAX Indonesia mulai menerapkan kemasan ramah lingkungan dengan menghadirkan pilihan kemasan berbahan dasar PCR yaitu Post-Consumer Recycled, yang merupakan kemasan produk berbahan dasar daur ulang yang kemudian dapat digunakan sebagai kemasan utama produk jadi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing produk dengan bentuk seperti tube, bottle, case, jar dan lainnya.

Kemudian, COSMAX Indonesia juga memiliki pilihan kemasan one material packaging untuk memudahkan pengolahan setelah produk sudah habis dan tidak digunakan lagi. Serta pilihan kemasan isi ulang / refill dengan tujuan untuk memaksimalkan penggunaan dan mengurangi jumlah sampah berlebih yang dihasilkan oleh suatu produk.

“COSMAX Indonesia sebagai perusahaan manufaktur kosmetik global berkomitmen untuk menghasilkan produk berkualitas dan mendukung industri yang sadar akan lingkungan serta terus melakukan peningkatan penggunaan produk ramah linkungan dalam berpartisipasi mengembangkan industri kecantikan yang berkelanjutan.” jelas Cheong Min-Kyoung, Presiden Direktur COSMAX Indonesia.

Dengan menerapkan Conscious Beauty, COSMAX Indonesia tidak hanya terfokus dalam menghasilkan produk kecantikan yang inovatif, namun juga ikut turut berinovasi terhadap kontribusi lingkungan berkelanjutan. Oleh karena itu, diharapkan dengan menjadi salah satu pioneer Conscious Beauty di Indonesia, hal tersebut juga bisa diterapkan oleh seluruh pemangku kepentingan bagi setiap industri terkait. Sehingga peningkatan industri kecantikan di Indonesia juga dapat memberikan dampak yang baik bagi lingkungan sekitar.

 

Baca juga:

#PakaiSampaiHabis, Aksi Nyata Mendukung Sustainable Beauty

Mengenal Tren Kecantikan “Blue Beauty” dan Konsep “Conscious Beauty” yang Ramah Bagi Lingkungan

4 Langkah Mudah yang Bisa Dilakukan Untuk Mulai Menerapkan Prinsip Sustainable Beauty

Sociolla & Sukin Berkolaborasi Luncurkan Recycle Station Skala Nasional untuk Promosikan Sustainable Beauty

Intip Berbagai Program Seru dari Emina untuk Ajak Remaja Indonesia Terapkan Sustainable Living

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER