EVENT

COSMAX Indonesia Bekerjasama dengan Fakultas Farmasi Universitas Indonesia Dalam Penelitian Pemanfaatan Tanaman Khas Asli Indonesia

Wednesday, 29/06/2022 17:05 WIB by Niken Pangesti , Facetofeet
COSMAX Indonesia Bekerjasama dengan Fakultas Farmasi Universitas Indonesia Dalam  Penelitian Pemanfaatan Tanaman Khas Asli Indonesia
COSMAX

Kini, industri kecantikan di Indonesia sedang mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan. Terlihat, berdasarkan data dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), dalam lima tahun kebelakang tercatat ada 226.684 produk yang terdaftar pada kategori kosmetika di Indonesia. Hal tersebut, dapat menunjukk adanya peningkatan minat pasar akan produk kecantikan dan pertumbuhan jumlah produk kecantikan lokal di Indonesia.

Sebagai langkah turut memajukan industri kosmetika di Indonesia ke ranah global, COSMAX Indonesia sebagai perusahaan subsidiari COSMAX Group yang merupakan manufaktur kosmetik No.1 global berbasis di Korea Selatan, bekerjasama dengan Fakultas Farmasi Universitas Indonesia untuk melakukan rangkaian penelitian terhadap efektifitas tanaman khas Indonesia yang memiliki potensi sebagai bahan baku utama produk kosmetika.

Terkait kerjasama tersebut, COSMAX dan Fakultas Farmasi Universitas Indonesia menandatangani Memorandum of Agreement (MOA) pada tanggal 24 Juni 2022 mengenai “Penelitian Pemanfaatan Herbal Indonesia untuk Kosmetika”. Berdasarkan MoA ini, COSMAX Indonesia dan Fakultas Farmasi Universitas Indonesia akan melaksanakan beberapa kegiatan antara lain penelitian bersama, partisipasi dalam seminar, pertemuan akademik, program magang, dan lainnya.

Dalam kegiatan penelitian, kedua belah pihak akan melakukan penyaringan melalui tinjauan pustaka tentang jenis tanaman yang berpotensi efektif sebagai bahan kosmetik, mengembangkan proses ekstraksi bahan baku, dan menguji efektifitas khasiat bahan.

“Kami bangga dapat menjalin kerjasama yang kami yakini akan memberikan manfaat yang signifikan bagi kedua belah pihak. Untuk unggul dan menjadi garda depan dalam penelitian dan inovasi, kami Universitas sebagai akademisi, membutuhkan COSMAX team sebagai professional dari Industri, sebanyak Anda membutuhkan kami, dan itulah sebabnya kami bersyukur memiliki kerjasama ini bersama kami.” Ujar Bapak Dr. Mahdi Jufri, M.Si, Apt, Dekan Fakultas Farmasi UI Periode 2013-2022 dalam sambutannya.

Bapak Krisnayanto, A.Md, SH, MH, CGCP, CLA selaku Kepala Sub Direktorat Kekayaan Intelektual dan Promosi DISTP Universitas Indonesia, melihat bahwa kerjasama Universitas dengan pihak Industri merupakan terobosan baik dalam implementasi hilirisasi produk-produk dari Universitas diantaranya hasil penelitian dan kesempatan ini adalah momen yang baik sebagai langkah awal dan mengajak PT COSMAX Indonesia dalam kerjasama-kerjasama lainnya dalam skala Universitas dengan Universitas Indonesia.

Kemudian, acara tersebut juga dihadiri oleh Park Myeong-Sam, selaku Direktur RNI Center COSMAX, Cheong Min-Kyoung selaku Presiden Direktur COSMAX Indonesia, Dr. Eko Sakapurnama selakuDirektorat Kerjasama Universitas Indonesia dan Prof Berna Elya selaku Ketua Tim Peneliti Fakultas Farmasi Universitas Indonesia.

“COSMAX Group memiliki pusat R&I terkemuka yang mampu meneliti dan mengembangkan bahan dan formulasi kosmetik. Berdasarkan kemampuan kami, kami ingin memperluas pemahaman kami tentang karakteristik khusus pada kulit orang Indonesia dan potensi bahan baku yang berasal dari tanaman khas asli Indonesia.” Ujar Cheong Min-Kyoung, Presiden Direktur COSMAX Indonesia.

COSMAX Indonesia meyakini kerjasama ini Akan memberikan dampak positif terutama untuk perkembangan industri kosmetika di Indonesia kedepannya yaitu dengan memebrikan terobosan inovasi terbaharukan di Indonesia. Terlebih Fakultas Farmasi Universitas Indonesia sudah berfasilitas clinical research lab dan industrial research lab sehingga hasil clinical penelitian dapat diimplementasikan pada industri yang terkait.

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER