HAIR

Ini Dia Manfaat Buah Pisang untuk Perawatan Rambut Serta Nutrisi di Dalamnya Girls!

Sunday, 19/05/2019 16:04 WIB by nerissa arfiana, Facetofeet
Ini Dia Manfaat Buah Pisang untuk Perawatan Rambut Serta Nutrisi di Dalamnya Girls!
goodhousekeeping

Jika biasanya, pisang  dimakan untuk mendapatkan manfaat dari elektrolit, indeks serat tinggi dan konten kalium yang tinggi. Tapi tidak banyak yang tahu kalau buah pisang juga bisa dimanfaatkan untuk  perawatan kulit dan rambut loh girls.

Kenapa pisang ya?

Secara teknis pisang merupakan varian dari buah beri yang tumbuh pada tanaman pisang. Asli dari Asia Tenggara, tanaman pisang sekarang dapat ditemukan di berbagai iklim hangat yang berbeda di seluruh dunia. Bahkan, ada lebih dari 70 spesies tanaman pisang, walaupun hanya beberapa yang menghasilkan buah dan dapat dimakan.

Pisang sendiri mengandung banyak nutrisi penting seperti antioksidan, potasium, protein dan Vitamin B6 juga vitamin C. Mereka juga kaya oleh pektin, sejenis serat yang membuat daging pisang kenyal saat matang. Pectin dapat membantu menurunkan kadar gula darah setelah makan dan sering kali dianggap mengurangi nafsu makan dengan menjaga perut kenyang lebih lama. Sehingga angat cocok untuk kamu yang sedang menjalani diet.

sumber: The Body Shop

Selain untuk diet, pisang juga dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan membantunya mengontrol gula darah berkat tingginya kadar kalium dan magnesium dan jika dikonsumsi secara teratur dapat membantu mengurangi kram otot yang disebabkan oleh olahraga.

 

Saat inipun buah pisang sudah banyak ditemukan di dalam kandungan produk perawatan rambut seperti shampoo atau produk masker. Menariknya pisang juga dapat diolah menjadi masker natural lho girls. Lalu kira-kira apa sih manfaat pisang untuk rambut?

Membuat Rambut Tampak Lebih Berkilau

Pisang kaya akan asam folat, yang berperan untuk membuat rambut terlihat berkilau, halus, dan ternutrisi dengan baik. Kalium dalam buah dan minyak alami lainnya yang berasal dari pisang juga dapat meningkatkan tampilan rambut kamu girls.

Menjaga Kesehatan Rambut

Buah pisang ternyata dapat meredakan rasa gatal dan mengurangi sel kulit mati juga lho girls.Selain itu jika menggunakannya sebagai hari mask ternyata kandungan di dalam pisang juga dapat menjaga kelembapan kulit kepala dan batang rambut secara optimal.

Menguatkan Rambut

Rambut yang kekurangan hidrasi dalam setiap folikelnya membuat rambut jadi lebih kering, rapuh dan mudah pecah.Kandungan vitamin E pada buah pisang dapat melancarkan peredaran darah yang menstimulasi pertumbuhan folikel rambut. Sehingga membuat kulit kepala dan rambut menyerap nutrisi yang masuk ke dalam tubuh dengan lebih optimal dan rambut akan lebih kuat serta terhindar dari masalah kerontokan.

Nah, kalau kamu tertarik mengolah pisang untuk perawatan rambut, kamu dapat mengombinasikannya dengan bahan-bahan lain. Misalnya saja yoghurt, madu atau pun minyak esensial.



 

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
REVIEW
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER