K-WAVE

PSY Comeback dengan Single “That That” Berkolaborasi Bareng Suga BTS

Friday, 29/04/2022 19:07 WIB by Niken Pangesti , Facetofeet
PSY Comeback dengan Single “That That” Berkolaborasi Bareng Suga BTS
Instagram @42psy42

Setelah mengejutkan banyak orang dengan merilis single “That That” bersama Suga BTS. Akhirnya PSY resmi merilis MV “That That” pada tanggal 29/04 pukul 16.00 WIB. Kolaborasi dengan Suga BTS terjadi karena Suga ingin memproduksi lagu untuk PSY, tapi kemudian Suga pun ikut tampil dalam MV. Menarik banget ya? Dengan berlatarkan bar ala padang pasir Amerika, PSY dan Suga BTS menjadi 2 koboi keren yang menari dan bergembira bersama.

Single “That That” dibuka dengan seruan “2022 PSY Coming Back!” lalu lirik pada awal lagu menceritakan bahwa pandemi telah berakhir, dan kini adalah waktu untuk melakukan apa yang kita suka. Dengan genre Hip Hop/EDM yang bersemangat serta melodi yang enak di dengar, lagu ini membawa nuansa ceria yang sesuai dengan makna liriknya, yakni kebebasan setelah pandemi.

Tak hanya itu, Suga BTS yang memakai kostum koboi berwarna putih, terlihat keren menyanyikan bagian rap yang intens di tengah lagu. Setelah itu,  ada adegan bertarung komedi lalu mereka pun menari bersama dengan gerakan ayunan tangan dan kaki yang ikonik.

Dilansir dari Allkpop.com (29/04/2022) PSY menceritakan bagaimana proses Ia dapat berkolaborasi dengan Suga BTS. "Saya menerima pesan dari SUGA, mengatakan bahwa dia ingin memproduksi untuk saya. Saat itu sekitar musim gugur tahun lalu, dan meskipun SUGA sangat sibuk dengan jadwalnya sebagai anggota BTS, dia juga memiliki jadwal sendiri, proyek ambisius yang terjadi sebagai produser, bekerja dengan berbagai artis dari luar. Dia memproduseri untuk  Heize , IU , dan juga tampil di lagu utama Lee So Ra . Dia membangun karir yang mengesankan dan bermakna sebagai pembuat musik."

Bintang itu melanjutkan, "Kemudian, dia menghubungi saya, mengatakan bahwa dia telah membuat sebuah lagu yang sangat cocok untuk saya, dan dia ingin memproduseri untuk saya. Iringan instrumental untuk 'That That' yang merupakan bagian dari produk akhir adalah persis seperti apa awalnya dikirim kepada saya. Begitu saya mendengarkannya, saya pikir itu hebat. Saat itu, saya berada dalam perdebatan yang mendalam. Saya pikir saya harus menjauh dari genre dance berbasis EDM, tapi saya juga tidak akan mencoba apapun dengan tempo yang terlalu lambat. Jadi saya lebih condong ke arah suara berbasis Latin, tapi kemudian apa yang dikirimkan SUGA kepada saya hanyalah itu. Saya tidak dalam situasi di mana saya perlu mempertimbangkan semuanya secara menyeluruh. . Pada saat itu, saya sangat berterima kasih padanya karena telah melakukan perjalanan yang berat, dan saya masih sangat berterima kasih. SUGA melakukan banyak upaya selama proses ini."

Psy juga membagikan momen di balik layar dari lokasi syuting video klip "That That". Dia menjelaskan, "Kami syuting MV sekitar pertengahan Maret. Itu syuting di lapangan pasir terbuka di Incheon. Tapi Incheon di pertengahan Maret masih sangat dingin, dan juga terjadi hujan pagi itu. hujan, pasirnya berubah menjadi lumpur. Begitu kamu mengambil dua langkah, kakimu tenggelam ke dalam lumpur. Aku melakukannya untukku, tapi SUGA bertahan banyak. Setiap kali aku menonton MV, aku berterima kasih atas usahanya."

Album PSY 9th

Pada comeback-nya kali ini, PSY tak hanya merilis sebuah single saja, tapi juga sebuah album berisi 12 lagu. Berikut ini tracklist album terbaru PSY.

  • 9intro

2. That That (Prod. & Feat. Suga BTS)

3. Celeb

4. You Move Me (Feat. Sung Si Kyung)

5. Sleepless (Feat. Heize)

6. Ganji (Feat. Jessi)

7. Now (Feat. Hwasa MAMAMOO)

8. Happier (Feat. Crush)

9. Hello Monday

10. Everyday

11. ForEVER (Feat. Tablo)

12. Dear Me

 

Baca juga:

Setelah Naeun, Giliran Suzy yang Akan Menjadi Model Video Klip PSY

PSY Rilis MV “Celeb”, Hadirkan Pesona Suzy Sang Selebriti Ikonik Korea

Ini 6 Grup Kpop yang Comeback & Debut Pada Februari 2022. Mana Favoritmu Girls?

4 Girl Group Kpop Terbaru yang Langsung Menarik Perhatian Penggemar

Ini 5 Event Kpop Seru yang Berlangsung di Akhir Tahun 2021 Lalu. Mana yang Paling Kamu Sukai?

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER