LIFESTYLE

Rasakan Pengalaman Melihat Keindahan Seni dari 100 Talenta Kreatif Global di K11 Musea

Saturday, 09/11/2019 18:06 WIB by Febri, Facetofeet
Rasakan Pengalaman Melihat Keindahan Seni dari 100 Talenta Kreatif Global di K11 Musea
K11 Musea

K11 MUSEA, salah satu destinasi seni, budaya dan retail paling mutakhir di jantung Victoria Dockside di Hong Kong, telah membuka pintunya kepada publik. Sebagai cerminan dari dunia masa kini yang lebih majemuk, K11 MUSEA adalah perpanjangan dari konsep maison, tempat di mana berbagai macam gaya, budaya dan koleksi bertemu. Kompleks bangunan setinggi 10 tingkat ini tercipta berkat kehandalan kolaboratif dari lebih dari 100 orang arsitek, seniman dan desainer lokal dan internasional untuk menciptakan landmark retail-budaya baru, dengan 100 desain ruang yang akan mendorong lahirnya kreativitas dalam keseharian. 

Di antara para kekuatan kreatif di balik K11 MUSEA terdapat firma-firma desain pemenang penghargaan seperti Kohn Pedersen Fox Associates, James Corner Field Operations, OMA yang dipimpin oleh Rem Koolhaas dan David Gianotten, studio lanskap dan desain asal Bangkok PLandscape, studio spesialis desain cahaya asal Inggris Speirs + Major, desainer taman bermain pemenang penghargaan asal Denmark Monstrum dan studio arsitektur Hong Kong LAAB. 
Memasuki pintu-pintu megah MUSEA Entrance yang menampilkan motif geometris MUSEA yang eksotis, para pengunjung akan tiba di Opera Theatre yang mencolok secara visual. 

(K11 Musea)

Melangkah ke area outdoor, amfiteater Sunken Plaza seluas 2,000 kaki persegi dikelilingi oleh fitur cahaya dan air interaktif, menyajikan kepada para pengunjung setting dari level jalanan yang intim untuk kegiatan performing arts, sinema dan live music dari KULTURE 11. Tak seperti kompleks retail lain, K11 MUSEA mengundang penonton dan pengunjung untuk mengagumi detail di dalamnya, memicu rasa penasaran untuk menemukan inspirasi baru di dalam Silicon Valley of Culture.

(K11 Musea)

K11 MUSEA akan menjadi platform bagi talenta-talenta artistik ternama dan terbaru dunia dengan koleksi debut yang menampilkan karya-karya dari lebih dari 40 seniman ternama internasional dan Hong Kong. Kurasi dari koleksi ini terinspirasi oleh budaya sebuah kota dermaga, dikoleksi dan dikumpulkan dengan cermat dengan konteks lokasi geografisnya, di bawah arahan founder Adrian Cheng. 

Kompleks setinggi 10 tingkat dan area sekelilingnya diciptakan sebagai ruang seni bagi publik yang memiliki instalasi khusus, berisi rotasi dari karya seni kontemporer dan graffiti. Kurasi ini menekankan konsep-konsep seni dan desain yang tidak kekal; pertukaran ide yang selalu bergulir di sebuah masyarakat multikultural; dan sifat hyper-connected dari sebuah kota global seperti Hong Kong. 

(K11 Musea)

Seniman yang ditampilkan antara lain; Elmgreen & Dragset (Denmark dan Norwegia); Erwin Wurm (Austria) and Katharina Grosse (Jerman), yang karya-karyanya akan ditampilkan di ruang publik. Sepuluh lantai dari pengalaman imersif seni, budaya dan retail tersebut akan menyimpan karya-karya dari Adrian Wong (AS), Cheng Ran (Tiongkok), dan Zhang Enli (Tiongkok). Tersemat dalam karya-karya tersebut adalah koleksi karya dari urban artists Hong Kong di lantai tiga. Dari sembilan koleksi artis, lima di antaranya merupakan talenta lokal yang termasuk Graphic Airlines, Kristopher Ho, Parent’s Parents, Simple Bao dan Katol@Start From Zero, yang dipajang bersama desain ceria dari seniman Amerika Ron English. Pengunjung bisa menikmati tur seni dengan pemandu atau mendengarkan panduan digital via mobile app khusus ciptaan K11. 

Untuk pertama kalinya, MoMA Design Store berkolaborasi dengan EDGE Design asal Hong Kong untuk desain tokonya, yang menjunjung warisan budaya dan identitas khas kota ini. Para MoMA Ambassador pun hadir untuk berbagi cerita tentang desain di balik produk, menyediakan pemahaman yang lebih intim tentang apa yang dedefinisikan sebagai ‘desain apik’. 

(K11 Musea)
Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER