LIFESTYLE

Mengapa Mengkonsumsi Karbohidrat Itu Penting?

Thursday, 21/02/2019 14:02 WIB by nerissa arfiana, Facetofeet
Mengapa Mengkonsumsi Karbohidrat Itu Penting?
health magazine

Alasan paling besar dalam melakukan diet seimbang adalah memiliki tubuh yang sehat,  namun dengan banyaknya penelitian, artikel serta jurnal yang beredar, pastinya cukup sulit bagi kita untuk mengetahui dengan pasti makanan mana yang paling sehat untuk dikonsumsi.

Salah satu kelompok makanan yang telah dipercaya untuk dihindari selama beberapa tahun terakhir saat diet adalah karbohidrat. Persepsi yang beredar adalah bahwa semakin sedikit karbohidrat yang kita makan, semakin baik, bahkan beberapa dari kita menghindari karbohidrat sama sekali. Tetapi apakah ini benar-benar pilihan yang tepat dan sehat? Seorang konsultan kesehatan NHS, Dr Sally Norton, memberikan penjelasan yang dilansir dari situs Bazaar,

Jadi haruskah kita menghindari karbohidrat sama sekali? Terus terang, ujar Dr Sally. Memang tidak baik untuk memakan karbohidrat secara berlebihan bagi tubuh kita, namun, tidak mengkonsumsinya sama sekali juga bukanlah hal yang baik. Karbohidrat dapat membantu kita merasa kenyang dan memberi kita banyak nutrisi sehat dan serat esensial. Kita hanya perlu memastikan jumlah dan jenis makanan yang tepat.

sumber: pinterest

Mengapa gandum sangat disarankan? Biji-bijian ini terdiri dari kulit yang tidak termakan, pelindung dan kernel yang memiliki tiga lapisan. Wholegrains mengandung ketiga bagian dari kernel yang memiliki nutrisi paling maksimal. Mengolah biji-bijian ini untuk membuat bahan olahan berarti menghilangkan bagian yang tak penting, dan yang tersisa adalah semua zat yang mengandung seluruh antioksidan, vitamin B, protein, mineral, lemak dan serat yang sehat serta menyisakan endosperma. Pengolahan kembali pada gandum berarti bahwa sekitar 25 persen protein hilang, bersama dengan setidaknya 17 nutrisi utama.

Nah produk yang terbuat dari karbohidrat putih olahan lebih cenderung mengandung kadar lemak dan gula yang lebih tinggi yang membuat tubuh menyerap terlalu banyak glukosa dalam karbohidrat putih tersebut.

Selain sayuran sebagai sumber nutrisi yang bagus, adapula gandum yang justru jarang dikonsumsi. Sebuah studi dari British Journal of Nutrition menemukan bahwa 80 persen dari kita sama sekali tidak mengonsumsi makanan yang mengandung gandum secara sehat.Sebaliknya, gandum lebih tinggi seratnya yang artinya kita akan merasa lebih kenyang lebih lama, dengan jumlah porsi yang lebih sedikit.

Untuk ini jugalah banyak studi yang menyatakan bahwa gandum memberi banyak manfaat kesehatan, termasuk berat badan yang lebih rendah, BMI dan kadar kolesterol, serta pengurangan risiko penyakit seperti penyakit kardiovaskular, diabetes tipe 2 dan kanker tertentu juga.

Lalu berapa banyak karbohidrat yang harus kita makan? Minimum yang disarankan adalah 48g, atau sama dengan porsi:

Tiga potong roti gandum.

Semangkuk bubur dan sepotong roti gandum.

Satu mangkuk nasi gandum / pasta / atau biji-bijian yang dibagi dalam satu porsi.

Mencampur karbohidrat olahan dengan wholegrain juga baik untuk kamu yang ingin memulai mengonsumsi gandum hingga mencapai 48gram.

sumber : pinterest

Namun,tetap berhati-hati ya girls dengan beberapa produk yang mungkin tampak lebih sehat daripada yang sesungguhnya. Misalnya, roti yang hanya diwarnai cokelat untuk membuatnya tampak lebih sehat, atau biji-bijian dan roti malt yang dibuat dari tepung putih dengan sedikit kulit padi di dalamnya.

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
REVIEW
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER