SKINCARE

Tips Mengatasi Kulit Kusam

Tuesday, 02/06/2020 16:04 WIB by Raudya Annisa, Facetofeet
Tips Mengatasi Kulit Kusam
pinterest.com

Kulit yang kusam akan membuat sebagian besar perempuan merasa tidak percaya diri. Untuk mengatasinya, kamu bisa lakukan sendiri dirumah tanpa perlu mengunjungi klinik kecantikan. Tapi, sebelum mengatasi kulit kamu yang tampak kusam, sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu penyebab utamanya. Simak yuk!

 

Penyebab kulit wajah tampak kusam

Dilansir melalui SehatQ, penyebab kulit menjadi kusam terbagi menjadi dua, yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internalnya sendiri yaitu seiring bertambahnya usia, kulit wajah akan menjadi lambat bergenerasi dan kehilangan elastisitasnya yang kemudian membuat sel-sel kulit mati menumpuk pada permukaan wajah sehingga mengakibatkan kulit menjadi kusam.

           Faktor eksternalnya yaitu:

  • Paparan sinar matahari yang berlebihan akan berdampak kerusakan pada kulit. Hal ini menyebabkan munculnya noda hitam dan kulit terlihat kusam.
  • Penggunaan skincare yang salah. Selalu pastikan kamu selalu memperhatikan ingredients produk skincare kamu dengan keadaan jenis kulit kamu ya
  • Stress. Aktivitas sehari-hari yang kamu lakukan dapat menjadi salah satu penyebab wajah kamu menjadi kusam.

 

Cara mengatasi kulit kusam

            Cara mengatasi kulit wajah kamu yang kusam dapat kamu mulai dari melakukan rangkaian skincare yang cocok dengan kulit kamu.Berikut beberapa rangkaian skincare yang dapat kamu gunakan untuk mengatasi kulit yang kusam:

 

Melakukan double cleansing

Untuk mengatasi kulit kamu yang kusam, kamu wajib melakukan double cleansing setiap harinya. Sebelum mencuci muka, kamu dapat bersihkan wajah kamu terlebih dahulu dengan produk pembersih muka, seperti Micellar Water, Milk Cleanser, Oil Cleanser atau jenis cleansing lainnya. Tujuannya yaitu untuk mengangkat sisa make up ataupun kotoran/debu yang menempel pada wajah kamu. Setelah itu, jangan lupa mencuci muka kamu ya, girls! Hal ini dilakukan untuk memastikan wajah kamu sudah bersih dari sisa kotoran ataupun make up yang masih menumpuk dipermukaan kulit wajahmu. Kamu dapat memilih face wash yang mampu memberikan efek brightening dan pastikan kandungan dari produk tersebut aman untuk kamu gunakan sesuai dengan jenis kulit kamu, ya!

 

Menggunakan pelembab

Setelah membersihkan wajah, kamu dapat menggunakan pelembab (moisturizer). Gunakan produk yang mengandung SPF dan brightening. Saat ini sudah terdapat berbagai brand yang memiliki rangkaian produk khusus yang mampu mencerahkan kulit mulai dari brand lokal maupun brand lainnya, kamu hanya perlu memilih produk yang cocok dengan jenis kulit kamu, girls!

 

Menggunakan sunscreen (tabir surya)

Langkah selanjutnya untuk mengatasi kulit yang kusam adalah dengan rutin menggunakan sunscreen yang mengandung SPF (Sun Protection Factor). Menurut informasi yang diperoleh dari Klik Dokter, SPF merupakan indikator seberapa baik tabir surya dapat memantulkan sinar ultraviolet. Terdapat dua jenis sinar ultraviolet yang dapat membahayakan kulit kita, yaitu ultraviolet A (UVA) yang dapat membuat kulit menjadi kusam, muncul bintik hitam & kerutan dipermukaan wajah dan ultraviolet B (UVB) yang membuat kulit terbakar.

Oh ya girls, penggunaan sunscreen itu sangat penting. Karena terik matahari semakin panas dan mampu menyebabkan kanker kulit loh! Maka dari itu, untuk kamu yang belum rutin menggunakan sunscreen, yuk mulai rutin dari sekarang! Minimal kamu dapat mencari sunscreen yang mengandung SPF15 ya, girls!

 

Melakukan eksfoliasi kulit

Dengan melakukan eksfoliasi kulit, kamu dapat mencerahkan wajah kamu, girls. Paling tidak kamu melakukan dengan rutin selama seminggu dua kali untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang menumpuk pada permukaan kulit wajah kamu. Selain itu, dengan melakukan eksfoliasi kamu juga dapat mencegah penyumbatan pada pori-pori kamu. Sebelum mengeksfoliasi kulit kamu, pastikan produk yang kamu gunakakn sesuai dengan jenis kulit kamu ya! Untuk kamu yang memiliki kulit sensitif, kamu bisa gunakan produk yang mengandung butiran scrub yang halus untuk menghindari iritasi.

 

Menggunakan masker wajah

Saat ini terdapat berbagai jenis masker wajah, mulai dari sheetmask, peel-of mask, clay mask, wash off mask, DIY mask, exfoliating mask, sleeping mask, hingga gel mask. Kamu hanya perlu menyesuaikan jenis masker tersebut dengan kebutuhan kulit wajah kamu. Kalau kamu mau yang simple, kamu bisa membeli sheetmask yang dijual di drugstore ataupun toko kecantikan lainnya. Untuk mengatasi kulit kusam dengan cepat kamu bisa menggunakan maskeryang  memiliki efek brightening ya, girls!

 

 

Itulah penjelasan penyebab dan tips mengatasi kulit kamu yang kusam. Selain melakukan berbagai rangkaian skincare diatas, kamu juga perlu menjaga pola hidup yang sehat, seperti mengonsumsi sayuran, mengonsumsi air yang cukup, memenuhi kebutuhan tidur kamu serta melakukan olahraga ringan. Dengan menjalani hal ini, akan membantu kamu untuk memperoleh kulit yang terlihat lebih sehat dan cerah. Oh ya, girls, kamu sendiri menggunakan produk apa saja untuk mengatasi masalah tersebut? Kamu bisa sharing dikolom komentar dibawah ini yaaa!

 

Baca Juga:

4 Hal Penting yang Bisa Bikin Kamu Tetap Percaya Diri Walau Sedang Jerawatan

Skincare Wajib Untuk Usia 20 Tahunan

3 Rekomendasi Kapas Terbaik untuk Skincare-an!

Tanpa Disadari, Ini 3 Kebiasaan yang Salah dalam Skincare Routine Kamu!

Tips Menggunakan Skincare Simple untuk Kamu 'Si Pemalas'

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER