SKINCARE

Wajib Tahu, Ini Pengertian Non-Comedogenic Pada Kemasan Skincare Atau Makeup

Thursday, 12/08/2021 14:02 WIB by Niken Pangesti , Facetofeet
Wajib Tahu, Ini Pengertian Non-Comedogenic Pada Kemasan Skincare Atau Makeup
stylevana.com

Dalam kesehariannya, sebagian besar perempuan tak lepas dari yang namanya produk kecantikan, baik itu skincare atau makeup. Pada umumnya, penggunaan skincare atau makeup bertujuan untuk membuat kondisi kulit terlihat lebih baik, tapi kalau tak teliti hasilnya malah berbahaya lho! Maka dari itu, pastikan untuk meneliti setiap kandungan dan label yang tersedia pada produk lalu menyesuaikannya dengan kondisi kulitmu girls.

Untuk kamu yang kulitnya sensitif, berminyak dan mudah berjerawat, label pada kemasan yang harus selalu diperhatikan adalah ‘Non-comedogenic’. Label ini menandakan bahwa kandungan di dalam produk tersebut berkemungkinan besar tidak menyumbat pori. Formula non-comedogenic sangat penting bagi pemilik kulit berminyak atau berjerawat karena kebanyakan masalah jerawat/breakout bermula dari pori yang tersumbat girls. Ketika pori tersumbat, minyak berlebih, debu dan kotoran akan terperangkap di dalam lapisan kulit lalu menjadi tumpukan komedo dan kalau meradang akan menimbulkan jerawat.

Tapi perlu diketahui, meski produk yang kamu gunakan sudah berlabel non comedogenic, bukan berarti kamu akan sepenuhnya terhindar dari jerawat ya! Setidaknya dengan memperhatikan label non comedogenic, permasalahan jerawat atau kulit berminyak tak akan bertambah parah.

Kalau secara tekstur biasanya produk yang memiliki tekstur thick, berat, dan berminyak biasanya bersifat comedogenic seperti coconut oil, petroleum jelly,  dan sebagainya. Sementara sebaliknya, produk dengan tekstur gel atau cair yang ringan dan mudah menyerap biasanya memiliki formula non comedogenic.

Akan tetapi, banyak orang yang berpikiran bahwa kandungan non comedogenic berarti tak mengandung minyak sama sekali. Padahal, ada juga produk berlabel non-comedogenic yang masih mengandung jenis minyak tertentu, tapi tak akan menyumbat pori.

Beberapa kandungan yang dinilai dapat menyumbat pori diantaranya adalah, minyak nabati, minyak hewani, mineral oil, beberapa jenis alkohol buruk, silikon, talc, dan paraben.

Supaya terhindar dari kandungan yang sifatnya menyumbat pori (comedogenic) ada baiknya untuk selalu meneliti kandungan dan label produk yang ingin kamu beli. Kalau ingin mendapatkan informasi lebih lengkapnya lagi, kamu bisa mengecek produk tersebut dalam situs skincarisma.com. Pastikan juga untuk selalu melakukan double cleansing dan rutin melakukan eksfoliasi supaya terhindar dari pori tersumbat. 

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER