SKINCARE

Apa Itu Kulit Kombinasi dan Gimana Cara Perawatannya? Simak Jawabannya di Sini!

Thursday, 23/09/2021 13:01 WIB by Niken Pangesti , Facetofeet
Apa Itu Kulit Kombinasi dan Gimana Cara Perawatannya? Simak Jawabannya di Sini!
pinterest.com

Dalam memilih produk skincare, penting banget untuk menyesuaikannya dengan jenis kulit. Menentukan jenis kulit yang normal, kering atau berminyak mungkin terasa mudah. Tapi, ada juga sebagian orang yang jenis kulitnya terasa berminyak di beberapa area sekaligus terasa kering di area lainnya, inilah yang dinamakan jenis kulit kombinasi girls. Biasanya pemilik kulit kombinasi memiliki jenis kulit berminyak di T-zone (dahi, hidung dan dagu) karena kelenjar minyak di area tersebut memang lebih banyak, sementara di bagian wajah lainnya terasa kering.

Dengan jenis kulit yang berbeda-beda dalam satu wajah, masalah kulit yang hadir pun akan lebih bervariasi seperti mudah berjerawat, komedo, pori besar, serta munculnya tampilan garis halus, kulit terasa kering, hingga mengelupas.

Ciri Fisik Kulit Kombinasi

  • Area T-zone (dahi, hidung dan dagu) lebih mudah berminyak dan sering tampak berkilap
  • Area pipi dan bawah mata terasa sangat kering bahkan mudah terkelupas
  • Ketika udara dingin kulit cenderung terasa lebih kering, dan ketika udara panas kulit jadi lebih berminyak
  • Setelah mencuci wajah, area t-zone cepat berminyak sementara area pipi dan bawah mata terasa kering, kaku dan ada sensasi ketarik.

Setelah mengetahui ciri fisik kulit kombinasi, tentunya kamu juga harus mengetahui cara perawatan kulit kombinasi yang tepat supaya terhindar dari berbagai masalah kulit girls. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

Lakukan Double Cleansing & Pilih Face Wash Gentle

Area berminyak pada kulit kombinasi sangat rentan timbul komedo dan jerawat girls. Untuk memastikan kulit benar-benar bersih sampai ke dalam kamu perlu menerapkan teknik double cleansing. Kamu bisa menggunakan cleansing balm, micellar water, cleansing oil, atau milk cleansing sebagai pembersih pertama.

Selanjutnya cuci wajah menggunakan face wash yang formulanya gentle, mengandung pelembap, dan ringan di kulit sehingga tak bikin area wajah yang kering semakin parah. Kamu dapat memilih face wash dengan tekstur gel atau cream ringan yang tak terlalu banyak menghasilkan busa, karena busa berlebih cenderung menghilangkan minyak alami pada kulit dan bikin wajah terasa makin kering setelah mencuci muka.

Hindari Produk dengan Kandungan Alkohol Denat

Alkohol denat seringkali ditemukan pada produk skincare karena memiliki beberapa manfaat seperti melarutkan kandungan produk dengan baik, mengawetkan produk serta mengoptimalkan penyerapan skincare ke dalam kulit. Tapi sayangnya kandungan ini bekerja dengan cara mengeluarkan minyak alami dan hidrasi yang ada di dalam kulit sehingga cenderung bikin kulit kering semakin parah. Dengan pemakaian terus menerus, alkohol denat pun dapat menyebabkan kulit dehidrasi lho! Wah pastinya nggak mau dong area kering di kulitmu semakin parah karena alkohol denat? Oleh karena itu, sebaiknya hindari kandungan ini ya!

Pakai Serum dengan Kandungan Hyaluronic Acid

Hyaluronic acid adalah kandungan skincare yang dinilai paling efektif dalam menghidrasi kulitmu girls. Dengan menggunakan hyaluronic acid, area wajah yang kering akan terasa lebih halus dan lembap, sementara area yang cenderung berminyak akan lebih terkontrol karena lapisan kulit sudah terisi dengan kadar air yang menghidrasi kulit.

Gunakan Pelembap Ringan dengan Formula Non-comedogenic

Pelembap jadi produk yang wajib banget digunakan pemilik kulit kombinasi untuk mengunci hidrasi di kulitmu. Tapi, mungkin pemilik kulit kombinasi akan merasa kurang nyaman karena khawatir area yang berminyak terasa makin greasy. Oleh karena itu, pilihlah pelembap yang sifatnya ringan, lebih baik lagi kalau kamu memilih tekstur gel karena lebih mudah menyerap dan tak meninggalkan rasa lengket. Pastikan juga pelembap yang kamu pilih memiliki formula non-comedogenic sehingga nggak menyumbat pori dan punya label oil free untuk mencegah kulit makin berminyak.

Rutin Lakukan Eksfoliasi

Untuk perawatan mingguan, pastikan untuk melakukan eksfoliasi secara rutin girls! Eksfoliasi yang merupakan proses pengangkatan sel kulit mati dan membersihkan pori akan mencegah jerawat muncul pada area kulit yang cenderung berminyak. Selain itu, dengan rutin melakukan eksfoliasi kulit pun akan terasa lebih halus dan lembut. Kalau kamu menggunakan jenis chemical exfoliating (dengan AHA/BHA) gunakan hydrating toner dan pelembap setelahnya untuk mencegah kulit terasa kering ya!

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER