SKINCARE

Kenalan dengan Azelaic Acid, Kandungan Underrated Untuk Atasi Jerawat yang Disukai Para Dermatologi

Wednesday, 15/06/2022 15:03 WIB by Niken Pangesti , Facetofeet
Kenalan dengan Azelaic Acid, Kandungan Underrated Untuk Atasi Jerawat yang Disukai Para Dermatologi
beautytidbits.com

Azelaic Acid mungkin bukanlah kandungan yang populer di masyarakat. Tapi kandungan ini disukai banget oleh para dermatologis untuk perawatan jerawat girls. Kalau biasanya kandungan untuk jerawat terasa ‘keras’ dan bikin kulit di sekitarnya menjadi kering, maka Azelaic acid punya sifat yang lebih gentle dan serbaguna banget lho!

Dilansir dari Byrdie.com (15/06/2022), Azelaic acid adalam kandungan yang disintesis secara alami oleh mikrobioma kulit. Tapi, para ahli juga bisa membuatnya di laboratorium dari biji-bijian dan sereal. Azelaic acid bekerja dengan cara membantu pengelupasan kulit jauh di dalam pori-pori dan dapat mencegah komedo. Tak hanya itu, Azelaic acid juga bersifat anti-inflamasi dan kaya akan antioksidan. Hal inilah yang membuat Azelaic acid dicintai oleh para dermatologis girls.

Beberapa manfaat Azelaic acid adalah :

  • Eksfoliasi sel kulit mati dengan lembut : Kandungan ini dapat masuk jauh ke dalam pori-pori dan menghilangkan sel kulit mati yang menyebabkan pori tersumbat dan kulit kusam. Proses pengelupasan sel kulit mati juga berlangsung dengan lembut dan tidak berpotensi mengiritasi kulit.
  • Melawan jerawat : Kandungan ini juga punya sifat antibakteri, terutama mampu melawan bakteri P.acnes yang menimbulkan jerawat
  • Mengurangi peradangan : Azelaic acid juga dapat menenangkan kulit iritasi dan membantu mengobati benjolan merah yang timbul karena peradangan
  • Meratakan warna kulit : Kandungan ini juga mampu menghambat enzim tirosinase yang menyebabkan hiperpigmentasi. Hal ini efektif pada hiperpigmentasi yang biasanya mucul sesudah peradangan karena jerawat
  • Mengobati rosacea : Saat kulit mengalami rosacea sifatnya menjadi lebih sensitif. Sementara Azelaic acid adalah kandungan yang sifatnya lembut dan tidak terlalu mengiritasi.
  • Aman untuk ibu hamil : Francesa Fusco, ahli kulit dari NYC mengatakan kalau Azelaic acid aman untuk ibu hamil.

Untuk cara penggunaannya, para dermatologis mengatakan bahwa sebaiknya kamu mengaplikasikan Azelaic acid secara bertahap untuk memastikan kulitmu cocok dengan kandungan ini. Kalau tak ada efek samping, kamu bisa menggunakannya setiap hari. Azelaic acid juga aman dikombinasikan dengan sebagian besar bahan aktif lain seperti, AHA, BHA, atau bahkan retinol. Tapi untuk memastikan tak ada efek negatif, kamu bisa melakukan patch test terlebih dahulu.

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER